UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI TIPE NHT

Dwi Hasmidyani

Abstract


Partisipasi dan hasil belajar mata kuliah Ekonomi Mikro yang rendah pada mahasiswa kelas reguler program studi Pendidikan Ekonomi semester II FKIP Unsri menjadi masalah dalam penelitian tindakan kelas ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pada mata kuliah Ekonomi Mikro. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dimana skor partisipasi dan hasil belajar mahasiswa meningkat disetiap siklus.

Keywords


pembelajaran kooperatif tipe NHT; partisipasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.