PENGARUH KEPEMIMPINAN, KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MAPEL IPS EKONOMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII pada SLTP N 2 Rogojampi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di SLTP Negeri 2 Rogojampi dengan responden siswa kelas VIII sebagai populasinya. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Propotional Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 69 responden. Metode Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang menjelaskan secara nyata keadaan bagi siswa kelas VIII SLTP Negeri 2 Rogojampi tahun ajaran 2010/2011 adalah sebagai berikut : Kepemimpinan Guru ekonomi, kemampuan berkomunikasi Guru ekonomi, Lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa berada pada klasifikasi baik. Selanjutnya terjadi pengaruh positif yang signifikan secara parsial maupun simultan antara Kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi.
Keywords
Kepemimpinan; Kemampuan Berkomunikasi; Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.