PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CERITA UNTUK MENANAMKAN LITERASI EKONOMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Pembelajaran pada tingkat SD terkait dengan mata pelajaran IPS hanya disajikan pada buku paket saja. Dimana siswa diharuskan untuk membaca dan diberikan ceramah saja. Hal tersebut cenderung menyebabkan siswa mengantuk dan sulit untuk memahami materi. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan sebuah pengembangan media pembelajaran yang inovatif yang memberikan peranan lebih banyak kepada peserta didik dari pada guru. Salah satu pembelajaran inovatif yang akan dikembangkan adalah pengembangan bahan ajar berbasis cerita. Kabupaten Situbondo sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang terpencil, tidak adanya koperasi, tidak adanya pasar modern dan jauh dari kota, dimana siswa mendapatkan uang saku minim kebanyakan siswa membawa bekal makanan ke sekolah pada akhirya siswa belum memahami tentang arti literasi ekonomi, sekolah tersebut kurang memahami tentang konsep dasar literasi ekonomi. Sekolah ini juga tidak mempunyai prasarana media pembelajaran khususnya bahan ajar literasi ekonomi. Dengan demikian siswa tidak termotivasi untuk belajar, karena sarana dan prasarana di sekolah sangat tidak mendukung untuk belajar dengan baik. Pada akhirnya siswa tidak mendapatkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan tidak adanya media pembelajaran bahan ajar literasi ekonomi yang tidak ada di sekolah dengan demikian tidak dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik tentang literasi ekonomi.
Keywords
Bahan ajar dan literasi ekonomi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-17225-5-8
Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.