PEMBELAJARAN EKONOMI INOVATIF BERBASIS KEBERSAMAAN, KEKELUARGAAN, DAN GOTONG ROYONG: MODEL PEMBELAJARAN REWANG

Ayuniva Recinta Nuraeny Putri

Abstract


Pembelajaran di Indonesia kurang menampakkan ciri khasnya. Seharusnya guru lebih bisa melakukan inovasi pembelajaran dengan melihat tradisi lingkungan sekitar serta mengangkat budaya daerahnya. Seperti contohnya daerah Jawa yang memiliki budaya kebersamaan salah satunya pada kegiatan rewang. Kegiatan rewang memiliki kemiripan dengan kegiatan pada model pembelajaran project-based learning. Oleh karena itu, salah satu pembelajaran inovatif yang mengangkat nilai kearifan lokal misalnya nilai kebersamaan yakni pembelajaran dengan konsep rewang. Penerapan pembelajaran Ekonomi inovatif menggunakan konsep “rewang” mengajarkan peserta didik tentang kebersamaan, gotong royong, saling menolong tanpa pamrih, dan masih banyak hal positif lainnya. Selain nilai-nilai sosial yang dapat diajarkan kepada peserta didik melalui pembelajaran Ekonomi inovatif menggunakan konsep “rewang”, kegiatan tersebut juga mengajarkan tentang etika dalam berperilaku ekonomi. Melalui kerjasama dan saling membantu maka akan tercapai kesejahteraan bersama.

Keywords


Pembelajaran Ekonomi Inovatif; Model Pembelajaran Rewang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.