PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL PROJECT-BASED LEARNING

Angela Merici Fina Indriani, Hari Wahyono, Sri Umi Mintarti Widjaja

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran akuntansi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata diklat akuntansi perusahaan dagang dengan model contextual project-based learning dan menilai kevalidan RPP tersebut. Model contextual project based learning dipilih untuk menjawab tuntutan masyarakat agar siswa memiliki keterampilan abad 21, sebab mengajarkan keterampilan abad 21 membutuhkan cara mengajar abad 21 pula. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Dick & Carey yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pamekasan. Hasil dari pengembangan ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus akuntansi perusahaan dagang. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi dan memperoleh tingkat kevalidan 70% yang berarti produk cukup valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


RPP; project-based learning; contextual learning; akuntansi perusahaan dagang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 National Conference on Economic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: 978-602-17225-5-8

Program Studi Pendidikan Ekonomi
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.