EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KOMSA BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pelajaran IPA sebelum dan sesudah menggunakan komik KOMSA (Komik Berbasis Kontekstual) dan mengetahui efektifitas penggunaan komik KOMSA untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan komik. Hasil perhitungan efektifitas menggunakan rumus N-gain menunjukkan keefektifan penggunaan komik KOMSA dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada kriteria sedang.
Keywords
Efektifitas; Komik Berbasis Kontekstual; Pembelajaran Sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.