Pembelajaran Inovatif dengan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama
Abstract
Paradigma pembelajaran abad 21 mensyaratkan salah satunya adalah kerjasama tim serta berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memfasilitasi pengalaman eksperensial untuk membantu kelompok siswa agar memperoleh hasil belajar yang lebih baik melalui interaksi satu dengan yang lainnnya. Kegiatan pembelajaran ekperensial untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diterapkan dalam dua kategori yaitu kegiatan di dalam ruang kelas yang mencakup latihan, game atau simulasi atau dapat pula dalam bentuk pemaparan materi menggunakan power point. Kegiatan dalam ruang kelas ini, dalam pembelajaran ekperensial digunakan untuk membantu kelompok siswa meraih rasa percaya diri bahkan sampai kepada perubahan perilaku. Kegiatan pembelajaran eksperensial dalam kerjasama tim juga diterapkan di luar kelas. Pembelajar sebagai fasilitator dalam pembelajaran di luar ruangan, merancang pengalaman terutama menumbuhkan sikap komitmen dan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Kevin Eikenberry yaitu model CARB (Commitment, Allignment, Relationships, Behaviors).
Keywords
Experiential Learning; Inovative Teaching; Kemampuan Kerjasama
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.