Pembelajaran Multi Representasi Dengan Pendekatan Empiris, Teoritis dan Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Zidni Ansori, Wartono Wartono, Sutopo Sutopo

Abstract


Banyak penelitian yang mengungkapkan adanya miskonsepsi pada materi optika geometri. Artikel ini mengusulkan strategi pembelajaran multi representasi dengan pendekatan empiris dan teoritis dan animasi sebagai alternatif untuk membantu memahami konsep-konsep  optika geometri dengan berbagai format yang berbeda. Secara umum strategi pembelajaran multi representasi dengan pendekatan empirik dan teoritik terdiri dari fase empirik, teoritik dan animasi. Pada setiap fase pembelajaran ini digunakan multirepresentasi dalam penyampaiannya. Jenis multirepresentasi yang digunakan adalah verbal, grafis, diagram dan matematis.

Keywords


Teoritis; Empiris; Animasi; Pembelajaran Multirepresentasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.