Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantuan Video Pembelajaran Untuk SMK Teknik Mesin pada Materi Elektrokimia
Abstract
Keterbatasan waktu, bahan ajar dan penyampaian materi yang bersifat teoritis dan tidak relevan merupakan permasalahan pembelajaran kimia di SMK. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis kontekstual berbantuan video pembelajaran pada materi elektrokimia yang layak dan mengetahui efektifitas bahan ajar pada pembelajaran kimia di SMK Teknik Mesin. Metode pengembangan bahan ajar menggunakan model 4D dari Thiagarajan et al, hanya sampai tiga tahap. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli isi sebesar 88,75 90% (sangat layak) dan ahli media pembelajaran sebesar 89,25% (sangat layak). Uji efektifitas menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut efektif meningkatkan hasil belajar dibanding dengan bahan ajar lain.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.