Prospek Model Daur Belajar 5 Fase terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia

Wulan Ratia Ratulangi, Endang Budiasih, Anugrah Ricky Wijaya

Abstract


Materi termokimia mencakup konsep-konsep yang bersifat abstrak, algoritmik, dan saling berhubungan satu sama lain sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Selain itu, proses pembelajaran kimia selama ini cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada hasil belajar kognitif, namun tidak memperhatikan aktifitas keterampilan proses sains dan kurang melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu menggunakan model daur belajar 5 fase. Kajian ini bersifat deskriptif dan berbasis literatur yang bertujuan untuk mengetahui prospek model daur belajar 5 fase terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Model Daur Belajar 5 Fase; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.