Penguasaan Konsep Materi Fluida Statis Siswa SMAN 3 Blitar
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa materi fluida statis. Metode yang digunakan adalah survei dengan melakukan tes dan wawancara. Tes dilakukan dengan memberikan 3 soal essay kepada 33 siswa SMAN 3 Blitar yang telah menempuh materi fluida statis. Berdasarkan hasil tes diketahui salah satu kesulitan yang dialami siswa adalah memahami bahwa apabila jenis fluida dan kedalaman sama, maka tekanan hidrostatis yang dialami juga sama. Wawancara dilakukan kepada guru dan siswa. Berdasarkan wawancara diketahui bahwa siswa hanya sebatas menghafal persamaan tanpa memaknainya sehingga menimbulkan kesulitan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memerlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan konsep mereka.
Keywords
Penguasaan Konsep; Fluida Statis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.