Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Reciprocal Teaching Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (Remap RT), gender, dan interaksi antara keduanya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen pretest-postest nonequivalent control group design. Data di analisis menggunakan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Remap RT berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, gender tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan interaksi antara pembelajaran Remap RT dengan gender tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif. Dengan demikian, pembelajaran Remap RT berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa perempuan dan siswa laki-laki.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.