Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Reading-Concept-Map-Student Team Achievement Division pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading-Concept-Map-Student Team Achievement Division (Remap-STAD), kemampuan akademik, dan interaksi keduanya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Grup Design. Data keterampilan berpikir kreatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan pembelajaran Remap-STAD dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa, tidak ada pengaruh yang signifikan antara interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Remap-STAD secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa berkemampuan akademik rendah lebih baik dibanding siswa berakademik tinggi yang memperoleh pembelajaran konvensional
Keywords
REMAP-STAD; Kemampuan Akademik; Keterampilan Berpikir Kreatif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.