Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Dompu pada Materi Impuls dan Momentum
Abstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Pada pembelajaran fisika, kreativitas sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah melalui berbagai cara (divergent thinking). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kreativitas siswa pada materi impuls dan momentum. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei pada 110 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Dompu. Reliabilitas instrumen sebesar 0.622. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 14.32% siswa yang berada pada rentang tinggi kreativitas. Rinciannya yaitu 1.82% pada komponen kelancaran, 28.61% siswa pada komponen elaborasi, 23.19% siswa pada komponen keluwesan, 3.64% siswa pada komponen orisinal. Hasil di atas menunjukkan kreativitas siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan strategi atau metode pembelajaran.
Keywords
Kreativitas; Metode Pembelajaran; Impuls dan Momentum
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.