Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Dompu pada Materi Impuls dan Momentum

Trisno Setiawan, Supriyono Koes Handayanto, Wartono Wartono

Abstract


Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Pada pembelajaran fisika, kreativitas sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah melalui berbagai cara (divergent thinking). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kreativitas siswa pada materi impuls dan momentum. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei pada 110 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Dompu. Reliabilitas instrumen sebesar 0.622. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 14.32% siswa yang berada pada rentang tinggi kreativitas. Rinciannya yaitu 1.82% pada komponen kelancaran, 28.61% siswa pada komponen elaborasi, 23.19% siswa pada komponen keluwesan, 3.64% siswa pada komponen orisinal. Hasil di atas menunjukkan kreativitas siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan strategi atau metode pembelajaran.

Keywords


Kreativitas; Metode Pembelajaran; Impuls dan Momentum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.