Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Hukum Newton
Abstract
Keterampilan belajar dalam abad 21 merupakan standar kompetensi lulusan yang harus dicapai siswa. Keberhasilan siswa dalam menguasai keterampilan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh pemahaman konsep. Pada materi Hukum Newton, konsep penting yang harus dimiliki siswa adalah konsep gaya dan pengaruhnya terhadap gerakan benda. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Newton. Penelitian dilakukan pada 29 siswa kelas XI SMA di Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian follow-up explanation design, yaitu dengan melakukan pengumpulan data secara kuantitatif dan dilanjutkan wawancara pada beberapa sampel penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa siswa memiliki konsepsi alternatif (miskonsepsi) terutama pada Hukum I Newton.
Keywords
Pemahaman Konsep; Hukum Newton
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.