Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Hukum Newton

Shofi Hikmatuz Zahroh, Parno Parno, Nandang Mufti

Abstract


Keterampilan belajar dalam abad 21 merupakan standar kompetensi lulusan yang harus dicapai siswa. Keberhasilan siswa dalam menguasai keterampilan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh pemahaman konsep. Pada materi Hukum Newton, konsep penting yang harus dimiliki siswa adalah konsep gaya dan pengaruhnya terhadap gerakan benda. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Newton. Penelitian dilakukan pada 29 siswa kelas XI SMA di Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian follow-up explanation design, yaitu dengan melakukan pengumpulan data secara kuantitatif dan dilanjutkan wawancara pada beberapa sampel penelitian. Penelitian menyimpulkan bahwa siswa memiliki konsepsi alternatif (miskonsepsi) terutama pada Hukum I Newton.

Keywords


Pemahaman Konsep; Hukum Newton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.