Penerapan Model Course Review Horay (Crh) dengan Menggunakan Media Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Salahuddin Malang pada Materi Sistem Ekskresi
Abstract
Rendahnya kualitas program pembelajaran di sekolah sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil observasi awal hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran IPA relatif rendah (68%) karena sebagian besar siswa mengganggap bahwa mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang membosankan. Selain itu penggunaan metode ceramah seringkali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Menanggapi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model Course Review Horay(CRH) yang dikombinasikan dengan media Word Square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Shalahuddin Malang tahun ajaran 2016-2017. Penelitian dimulai dengan melakukan observasi awal, menyusun rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model Course Review Horay(CRH) menggunakan media Word Square. Hasil belajar kognitif diukur dengan persentase ketuntasan belajar dan klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Secara berturut-turut persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 70,58% dan 97,05% atau mengalami peningkatan sebesar 26,47%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.