Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Statis

Rudi Purwanto, Parno Parno, Lia Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Metode yang digunakan mixed method explanatory dengan mengumpulkan data secara kuantitatif kemudian diperkuat dengan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 8 Malang. Instrumen yang digunakan adalah 5 butir tes uraian dengan reliabilitas 0,62 dan pedoman wawancara untuk mendalami temuan kuantitatif.  Hasil analisis menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah dengan rerata 48,88 pada skala 0-100 dengan standar deviasi 8,87. Sebagian besar siswa menganggap tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh volume dan bentuk wadah, dan gaya Archimedes pada benda terapung lebih besar dari pada berat benda.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Fluida Statis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.