Hubungan Antara Pretest Dengan Posttest Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE Dipadu RQA Di Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa SMA kelas X pada pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran CORE dipadu RQA di kota Malang. Jenis penelitian yaitu deskriptif korelasional. Subjek penelitian yakni siswa SMA Nasional kelas X sebanyak 23 orang. Data diperoleh menggunakan tes keterampilan metakognitif dan dianalisis dengan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa yang membentuk persamaan Y=1,149X+20,451 dengan sumbangan sebesar 40,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE dipadu RQA dan tergolong dalam kategori kuat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.