Hubungan Antara Pretest Dengan Posttest Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE Dipadu RQA Di Kota Malang

Andika Sandrawati, Aloysius Duran Corebima, Susriyati Mahanal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa SMA kelas X pada pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran CORE dipadu RQA di kota Malang. Jenis penelitian yaitu deskriptif korelasional. Subjek penelitian yakni siswa SMA Nasional kelas X sebanyak 23 orang. Data diperoleh menggunakan tes keterampilan metakognitif dan dianalisis dengan uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa yang membentuk persamaan Y=1,149X+20,451 dengan sumbangan sebesar 40,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara pretest dengan posttest keterampilan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE dipadu RQA dan tergolong dalam kategori kuat.


Keywords


Pembelajaran Biologi; Hubungan Pretes-Posttest; Keterampilan Metakognitif; Model Pembelajaran CORE-RQA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.