Penguasaan Konsep dan Literasi Sains Siswa di Kelas X SMAN 11 Jeneponto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor. Penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan indikator materi yakni suhu dan pemuaian, hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya, azas black, perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi sedangkan kemampuan literasi sains diklasifikasikan menjadi 5 kategori, yaitu: SI, NSL, FSL, CSL, MSL. Data diperoleh melalui kuisioner dan observasi dari 30 orang siswa. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diperoleh bahwa peserta didik sebagian besar berada pada kategori NSL dan memiliki penguasaan kosep yang berada pada kategori rendah.
Keywords
Penguasaan Konsep; Kemampuan Literasi Sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.