Meninjau Lesson Study Sebagai Sarana Pengaplikasian Kurikulum 2013

Ahmad Kamal Sudrajat

Abstract


Lesson Study diartikan sebagai suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip kesejawatan dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar dan dapat digunakan sebagai sarana dalam meningatkan kualitas pendidik. Lesson Study meliputi 3 tahapan umum yaitu Plan, Do, dan Evaluate. Perubahan Kurikulum 2013 tahun 2016 menekankan pada pengembangan karakter 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking, Creativity) dalam proses pembelajaran. Problematika pendidikan di Indonesia adalah perubahan kurikulum hanya diikuti oleh perubahan dokumen, tanpa diikuti dengan perubahan cara mengajar yang dilakukan pendidik. Salah satu  cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidik agar sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah dengan Lesson Study. melalui Lesson Study pendidik dapat melakukan kolaborasi sehingga dapat mengubah cara mengajar dan mengembangkan karakter 4C yang ditekankan pada kurikulum 2013.

Keywords


Lesson Study; Kurikulum 2013; 4C

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.