Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi peserta didik dalam memahami prosedural dan konseptual materi fisika. Peserta didik memahami fisika bukan hanya perhitungan matematisnya tetapi juga konsep dasar yang mendasari prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampun peserta didik dalam memecahkan permasalahan fisika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik observasi dan tes. Subyek penelitian adalah 45 peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Langke Rembong yang sudah mempelajari topik usaha dan energi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi, dan lembar wawancara pada peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik perlu ditumbuhkembangkan lagi melalui beberapa bantuan representasi seperti gambar, persamaan, grafik dan tabel, disamping guru sebagai fasilitator peserta didik melalui pembelajaran aktif.
Keywords
Kemampuan Pemecahan Masalah; Representasi; Usaha dan Energi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.