Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Reading-Concept Map-Numbered Heads Together dan Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 10 Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Reading-Concept Map-Numbered Heads Together (Remap NHT), gender, dan interaksi keduanya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 10 Malang. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimen pretest posttest non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analsis anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Remap NHT dan gender berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, sedangkan interaksi antara Remap NHT dan gender tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Skor rerata terkoreksi antara siswa perempuan berbeda signifikan dengan siswa laki-laki. Dengan demikian, model pembelajaran Remap NHT secara signifikan berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya siswa perempuan.
Keywords
Remap NHT; Gender; Keterampilan Berpikir Kritis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.