Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton tentang Gerak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada meteri hukum Newton tentang gerak. Kesulitan siswa diungkap menggunakan tes penguasaan konsep FCI (force concept Inventory) yang telah disusun dan diuji oleh David Hestenes, dkk. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 4 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton sangat rendah dengan perolehan skor rata-rata 30,00. Kesulitan siswa banyak terdapat pada konsep gerak jatuh bebas, penerapan hukum III Newton, identifikasi gaya yang bekerja pada sebuah benda, serta definisi percepatan. Hasil dari identifikasi rendahnya penguasaan konsep siswa ini diharapkan dapat membantu guru menentukan rancangan pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa khususnya materi hukum Newton.
Keywords
Penguasaan konsep; FCI (force concept Inventory); Hukum Newton
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.