E-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika

Muhammad Iqbal Saman, Supriyono Koes Handayanto, Sunaryono Sunaryono

Abstract


Scaffolding telah terbukti mendukung praktik pengajaran di kelas. Mekanisme scaffolding seperti interaksi dalam hal saling memberi umpan balik baik antar-siswa maupun antara siswa dengan guru memainkan peran penting untuk terciptanya pembelajaran yang lebih kolaboratif. Artikel ini memaparkan hasil sintesa kajian literatur terkait pengembangan scaffolding, terutama tentang bagaimana membangun kerangka scaffolding yang terintegrasi dengan sistem ICT (e-scaffolding), tipe-tipe e-scaffolding yang akan dikembangkan, dan implementasinya dalam membantu siswa untuk memecahkan masalah fisika.

Keywords


Scaffolding; e-Scaffolding; Pemecahan Masalah Fisika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Iqbal Saman, Supriyono Koes Handayanto, Sunaryono Sunaryono



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.