Analisis Pembelajaran Dinamika Rotasi dan Implikasinya Terhadap Pemahaman Konsep
Abstract
Penelitian literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dinamika rotasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil studi literatur menunjukkan banyak penelitian pembelajaran yang telah dilakukan pada materi dinamika rotasi. Meskipun konsep materi telah disampaikan, tidak sedikit siswa yang tidak paham dan gagal dalam menerapkan konsep tersebut untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Hal ini disebabkan karena ilmu yang dimiliki masih berupa potongan pengetahuan dan belum membentuk serangkaian ilmu yang utuh tentang konsep. Beberapa pembelajaran dinamika rotasi menggunakan konflik kognitif dan analogi. Pemilihan konflik kognitif dan analogi yang tidak tepat oleh pengajar dapat membuat siswa memberikan klaim yang salah pada konsep.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Herlina Mulyastuti, Sutopo Sutopo, Ahmad Taufiq
ISBN: 978-602-9286-22-9
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.