Potensi Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Gelombang Mekanik
Abstract
Kemampuan penalaran ilmiah merupakan kemampuan membuat klaim dan menjelaskannya secara saintifik, tetapi siswa masih kesulitan dalam menalar. Artikel ini merupakan studi pustaka yang memaparkan bagaimana pendekatan multi representasi dapat berhasil untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa ketika mempelajari materi gelombang mekanik. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan multi representasi dapat meningkatkan kemampuan merepresentasi sekaligus kemampuan penalaran ilmiah siswa. Pembelajaran dengan pendekatan multi representasi dapat dilakukan guru dengan memberikan siswa suatu permasalahan yang harus dipecahkan dengan beberapa representasi. Siswa harus membuat klaim dan menjelaskan pemecahan masalah tersebut dengan beberapa format representasi dan menghubungkan satu representasi dengan representasi yang lain dari bukti-bukti.
Keywords
Pendekatan Multi Representasi; Kemampuan Penalaran Ilmiah; Gelombang Mekanik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dyah Ayu Lestyaningtyas, Sutopo Sutopo, Hari Wisodo
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.