Penelitian Eksplanatori: Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis
Abstract
Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis. Penelitian menggunakan mixed methods desain eksplanatori dengan follow-up explanations model. Sebanyak 34 siswa kelas XII SMA menjalani tes keterampilan berpikir kritis dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tekanan hidrostatis, hukum Pascal, dan hukum Archimedes masih rendah. Hal ini, umumnya, disebabkan oleh pemahaman siswa yang masih kurang. Di samping itu, menurut siswa pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru dan kurangnya pemberian latihan penyelesaian masalah. Berdasarkan keadaan tersebut diajukanlah satu alternatif pembelajaran untuk mengatasinya.
Keywords
Keterampilan Berpikir Kritis; Fluida Statis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Anisak Intan Eka Prani, Parno Parno, Arif Hidayat
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.