Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Teori Pembelajaran Sibernetik Berbantuan Software Derive Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA

Salim Salim, Era Maryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini diantaranya: (1) menemukan karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) mendeskripsikan kevalidan perangkat pembelajaran, (3) menganalisis keefektifan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (4) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research  And Development menggunakan model Plomp. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) karakteristik perangkat pembelajaran yaitu mengandung komponen kemampuan berpikir kritis dan memanfaatkan TIK, (2) perangkat pembelajaran berkategori sangat valid, (3) efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika, (4) perangkat pembelajaran melalui teori pembelajaran sibernetik berbantuan software derive dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Keywords


Pembelajaran Sibernetik; Derive; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Salim Salim, Era Maryanti



ISBN: 978-602-9286-22-9

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.