Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dengan Pendekatan Metacognitive Guidance
Abstract
Tujuan penelitian ini: mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, mengkaji karakteristik dan mendeskripsikan kevalidan bahan ajar serta peningkatan kemampuan literasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development mengacu pada Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu: studi pendahuluan; pengembangan; dan evaluasi. Hasil penelitian ini diantaranya: ditemukannya bahan ajar sesuai kebutuhan, memiliki karakteristik tertentu, bahan ajar yang valid, dan terdapat peningkatan signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa level 3 dan 4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa level 3 dan 4 dapat ditingkatkan melalui pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan metacognitive guidance pada siswa kelas VIII SMP.
Keywords
Bahan Ajar; Metacognitive Guidance; Literasi Matematis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Arvyaty Arvyaty, Salim Salim, Era Maryanti
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.