Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Pembelajaran TI. Penelitian ini termasuk pada jenis deskriptif kualitatif karena berusaha menggambarkan kebutuhan belajar mahasiswa khususnya yang berhubungan dengan penguasaan pengetahuan dan memperoleh pengetahuan baru dengan indikator metode dan media pembelajaran serta sumber belajar. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2014 yang mengambil mata kuliah strategi pembelajaran TI pada semester 4 yang berjumlah 74 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik pengolahan datanya adalah menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh 54% mahasiswa membutuhkan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga memberikan pengalaman belajar yang maksimal, 67% mahasiswa membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (E-learning, video) dan 65% mahasiswa membutuhkan sumber belajar yang bervariasi, interaktif serta dekat dengan lingkungan nyata.
Keywords
Analisis; Kebutuhan Belajar; Strategi Pembelajaran TI
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Adlia Alfiriani, Ellbert Hutabri, Ade Pratama
ISBN: 978-602-9286-22-9
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.