CERITA ANAK SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Tiara Sevi Nurmanita, Titik Harsiati, Suyono Suyono

Abstract


Artikel kajian ini bertujuan untuk membahas nilai karakter yang terdapat pada di
cerita anak sebagai sarana pendidikan karakter positif siswa pada jenjang sekolah
dasar. Pendidikan karakter penting  diperkenalkan  sejak dini sebagai pemantapan
karakter positif. Salah satu alternatif pendidikan karakter secara tidak langsung yakni
menggunakan cerita anak. Cerita anak sebagai  salah satu jenis karya sastra
merupakan sebuah cerminan pencitraan kehidupan sehari-hari. Cerita anak memiliki
unsur amanat cerita yang berisi pesan moral dan nilai-nilai karakter psotif. Nilai
karakter positif dalam cerita anak dapat dijadikan suatu pembelajaran bagi anak-
anak yang membacanya. Gerakan literasi di sekolah yang dirancang pemerintah,
salah satunya di sekolah dasar, memanfaatkan cerita anak sebagai salah satu sumber
bacaan. Cerita anak dapat dimanfaatkan sebagai alternatif penunjang untuk
pendidikan karakter untuk siswa di sekolah dasar. Oleh karena itu, guru harus
memiliki pengetahuan mengenai cerita anak yang tersebar agar dapat memilih cerita
anak yang dapat digunakan sebagai media pendukung pendidikan karakter.

Keywords


cerita anak; pendidikan karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Anderson, M., & Anderson, K. (2003). Text Types in English 1&2. South Yarra:

Macmillan Education Australia PTY LTD.

Crain, W. (2007). Theories of Development, Concepts and Applications (third

edition), diterjemahkan oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faizah, D. U. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.

Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitri, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.

Bandung:Alfabeta.

Hasanah, M. (2012). Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-Anak Untuk

Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. LITERA,

(1). http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/1150/957.

Herfanda, A.Y. (2008). Sastra sebagaiAgen Perubahan Budaya dalam Bahasa dan

Budaya dalam BerbagaiPerspektif. Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara

Wacana.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, versi 1.9. http://www.kbbi.web.id.

Knaap, P. & Watkins, M. (2005). Genre, Text, Grammar Technoligies for Teaching

and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Lewis, B. A. (2004). Character Building Untuk Siswa-Siswa. Batam: Karisma

Publishing Group.

Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marzuki. (2009). Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep

Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press.

Nurgiantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogya-

karta: Gadjah Mada University Press.

Permendikbud Nomor 22 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jaringan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

https://psmk.kemdikbud.go.id/.

Rahmanto, B. (2008). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rusmini, N. (tanpa tahun). Sastra Anak dan Pengajarannya di Sekolah Dasar.

http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_I

NDONESIA/196711031993032-

NOVI_RESMINI/SASTRA_ANAK_DAN_PENGAJARANNYA.pdf.

Rohmah, G. N. (2006). Pengaruh Nilai Cerita Anak dan Kesusasteraan dalam

Menciptakan Pendidikan Humanis Bagi Anak Indonesia.

http://dx.doi.org/10.18860/ling.v1i1.541.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suryanto, E. (2013). Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak Untuk

Penanaman Nilai Etis-Spiritual. LITERA, 12(2).

http://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1581.

Wijayanti, E. N. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak

Angin Karya Bayu Adi Persada dan Relevansinya Bagi Anak Usia

Madrasah Ibtidaiyah. (http://digilib.uin-suka.ac.id/11167/.

Zahirah, R. (2015). Kecil-Kecil Punya Karya: Most Perfect School-Misteri

Keluarga Locart. Bandung: Dar Mizan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.