GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENUMBUHAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Ratih Agustina Rahayu, I Nyoman Sudana Degeng, Sa’dun Akbar

Abstract


Banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan merosotnya karakter anak bangsa
perlu segera diatasi. Pendidikan  merupakan usaha sadar dan terencana  yang
mempunyai peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkarakter.
Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah dasar yaitu melalui
Gerakan  Literasi Sekolah (GLS). GLS merupakan program yang bertujuan untuk
menumbuhkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah.
GLS  di sekolah dasar dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pembiasaan,
pengembangan dan pembelajaran. Ketiga tahap tersebut mempunyai tujuan, kegiatan,
pengelolaan lingkungan literat serta peran yang berbeda dalam menumbuhkan
karakter siswa. Artikel ini menelaah pelaksanaan GLS dan ekosistem literat di sekolah
dasar yang dapat menumbuhkan karakter pada siswa melalui tahapan pembiasaan,
pengembangan, dan pembelajaran.

Keywords


gerakan literasi sekolah; pendidikan karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Makalah

disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Sidang Terbuka,

Universitas Malang, Malang, 8 Juni.

Akbar, S. 2016. Best Practices Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Dasar 2016: Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam

Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN), (Online),

(http://semnasdikdas16.pasca.um.ac.id/wp-

content/uploads/2016/09/Prosiding-SEMNAS-DIkdas-16.pdf), diakses 1

Oktober 2016.

Degeng, I. N. S. 1989. Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variable. Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek

Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta.

Degeng, I. N. S. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar:

Dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Makalah Disajikan dalam Pidato

Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang, Malang.

Isnanda, R. 2015. Peran Pengajaran Sastra dan Budaya dalam Pembentukan

Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika STKIP PGRI Sumatera

Barat, (Online), 1 (2): 174-182, (http://ejournal.stkip-pgri-

sumbar.ac.id/index.php/jurnal-gramatika/article/download/1237/pdf),

diakses 6 April 2017.

Kemendikbud. 2016. Panduan GLS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kesuma, D, dkk. 2013. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktek di

Sekolah). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Komalasari, K, dkk. 2014. Living Values Education Model in Learning and

Extracurricular Activities to Construct the Students’ Character. Jurnal of

Education and Practice, (Online), 5 (7): 166-174,

(http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/viewFile/11608/12343),

diakses 10 Oktober 2016.

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Nondikotomik. Yogyakarta: Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Mardiah, A, dkk. 2016. Pembelajaran Cerita Petualangan Berbasis Pendidikan

Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016:

Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing

Regional (ASEAN), (Online), 745-754.

(http://semnasdikdas16.pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Prosiding-SEMNAS-DIkdas-16.pdf), diakses 1

Oktober 2016.

Sarumpaet, R. R. 1976. Bacaan Anak-Anak: Penyelidikan Pendahuluan ke dalam

Hakekat, Sifat, dan Corak Bacaan Anak-Anak serta Minat Anak Pada

Bacaannya. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Subiyantoro. 2012. Membangun Karakter Bangsa Melalui Cerita Rakyat Nusantara.

Jurnal Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, (Online), 9

(1): 98-144, (http://digilib.uin-suka.ac.id/15935/1/SUBIYANTORO%20-

%20PAI12IX01-

%20Penulis%20Ke%20delapan_Jurnal%20PAI%20Vol%20IX%20No

%201%20Juni%202012-10.pdf), diakses 6 April 2017).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.