PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Nurul Ipmawati

Abstract


Pendidikan merupakan satu aspek penting didalam suatu negara karena pendidikan
adalah kunci pokok untuk menjadikan negara semakin maju dan berkembang dalam
hal ini peran pendidik sangat di butuhkan karena merekalah yang akan membentuk
dan membuat karakter calon-calon pakar pendidikan yaitu peserta didik menjadi baik
dan berkualitas dan Upaya pembaharuan pendidikan di Indonesia masih belum
maksimal banyak para pendidik masih belum maksimal dan belum menemukan
strategi dan pendekatan pembelajaran yang pas untuk peserta didik.dapat kita lihat
masih banyak peserta didik khususnya siswa sekolah dasar yang melakukan perilaku
menyimpang di lingkungan belajar mereka para pendidik harus benar-benar mampu
mendorong dan memotivasi peserta didik agar mereka mampu untuk merubah dan
membentuk jati diri yang baik,di samping itu para pendidik harus mampu memberikan
penguatan psikir dan psikososial para peserta didik serta mampu memberika umpan
balik serta evaluasi yang baik dan bersinergi untuk peserta didik ,antara pendidik dan
peserta didik harus mampu berkolaborasi  agar tercipta proses pembelajaran yang
inovatif dan menyenangkan  bagi  peserta didik  agar mereka nyaman dengan
lingkungan belajar mereka dengan begitu para peserta didik akan lebih senang
menghabiskan waktu mereka di sekolah dari pada di luar sekolah dan akan cenderung
mengaktifkan rasa berfikir yang kreatif aktif dan kritis serta mereka akan senang
bersosialisasi dengan hal-hal yang positif maka dari itu sekolah juga perlu membentuk
karakter siswa tidak hanya dalam kegiatan akademik atau KBM Saja akan tetapi
sekolah  juga perlu  melaksanakan program ekstrakurikuler di sekolah disini selain
peserta didik mendapatkan pelajaran tambahan di luar akademik tetapi mereka juga
akan bebas berkreasi dan berimajinasi sesuai keinginan dan  ataupun kemampuan
lebih yang mereka miiki serta pendidik lebih bisa mengetahui karateristik peserta
didiknya secara individu dengan melihat dalam segi akademik dan non akademik
dalam arti peserta  dalam proses pembelajaran di jam efektif KBM  serta peserta didik
dalam proses pembelajaran di luar  jam efektif  dan akan membantu pendidik
menentukan pendekatan dan strategi apa yang baik untuk membantu proses
poerkembangan anak secara menyeluruh dalam proses pembentukan karakter yang
baik untuk siswa di sekolah dasar yang nantinya merekalah yang akan mewujudkan
negara indonesia yang maju dan berkembang serta dapat bersaing dengan negara-
negara maju di dunia.

Keywords


Pengembangan Pendidikan Karakter; Kegiatan Ekstrakurikuler; Kualitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 2012

Depdikbud. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moh. Uzer dan Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.

PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nasir, A Sahilun, Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pemecahan Problem

Remaja. Jakarta: Kalam Mulia, 2012

Suryosubroto B, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet 3. Bandung :

Alpabeta, 2011

Yudha M. Saputra. (1998). Pengembangan Kegiatan KoEkstrakurikuler. Jakarta:

Depdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.