IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDN TLASIH KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Nur Afifah Dwi Cahya Sari, Marina Filayanti

Abstract


Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran diharapkan dapat mengubah
karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan
karakter di sekolah, serta karakter yang nampak dalam pembelajaran di kelas IV.
Karakter yang dimaksud adalah karakter peserta didik yang mucul keseharian.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
jenis rancangan penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN
Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Data diperoleh dari kegiatan
observasi, wawancara serta dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diketahui bahwa guru di SDN Tlasih sudah
menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Guru dalam pelaksanaannya
sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pendekatan, model dan metode
pembelajaran. Dalam pembelajaran keseharian delapan belas nilai karakter yang
diglakkan pemerintah masih belum muncul secara keseluruhan, namun guru memilih
karakter apa yang akan di munculkan dalam pembelajaran keseharian.
Saran yang diberikan peneliti adalah guru selalu menerapkan pembelajaran dengan
memasukkan pendidikan karakter meskipun itu hanya memunculkan satu atau dua
karakter setiap harinya. Diharapkan juga sekolah memperbanyak media-media guna
menunjang penerapan pendidikan karakter.


Keywords


Pendidikan karakter; Nilai-nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Adya, Nono S. 2011. Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa. Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Agboola, Alex., Tsai, Kaun Chen. 2012. Bring Character Education into Classroom.

European Journal of Educational Research. Vol 1, No. 2

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda

Akbar, S. 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Makalah

disajikan dalam Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu

Pendidikan/Pendidikan Dasar, Malang 8 Juni 2011

Amri, S. & Jauhari, A. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Prestasi

Pustaka Publisher

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan

Kepribadian Anak. Bandung; Yrama Widya

Aqib, Z. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Perilaku Positif Anak

Bangsa. Bandung; Yrama Widya

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: BSNP

Cahyono, Hadi. 2015. Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa: Sebuah

Studi di SDN 1 Polorejo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Vol 3, No. 2

Damayanti, D. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta. Araska.

Dewantara, Ki Hajar. 1977. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan

Taman Siswa.

Fraenkel, Jack dan Wallen, Norman. 2003. How to Design and Evaluate Research

in Education. New York: McGraw Hill Compani.

Ghamrawi, Najah A. R., Ghamrawi, Norma., Shal, Tarek. 2015. Perception of

Character Education: The Case of Lebanese School Leaders. Open

Journal Of Leadership. Vol 4

Hamid, Said Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kamanitra, Rakyan Paranimmita Sappurisa. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran

Karakter di SD Taman Harapan Malang. Jurnal IlmuPendidikan.

Kamaruddin, Syamsu. A. 2012. Character Education and Student Social Behavior.

Journal of Education and Learning. Vol. 6 (4) pp. 223-230

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 416 Tahun 1984 Tentang

pendidikan pendahuluan bela negara yang diselenggarakan di sekolah

Koesoema, Doni. A. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman

Global. Jakarta: PT. Grasindo

Komalasari, K., Saripudin, D., Masyitoh, I. S. 2014. Living Values Education,

Model in Learning and Extracurricular Activities to Construct the

Student’s Character. Journal of Education and Practice. Vol5, No 7.

Kusuma, Eri Hendro. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter pada Kegiatan

ekstrakurikuler di SMAN 02 Kota Batu. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 20,

No. 4

Lickona, T. 1993. The Return of Character Education. Journal Citation:

Educational Leadership. Volume 51 Number 3

Lincoln, Yvoana. S and Denzim, Norman. K. (1985). The Sage Handbook of

Qualitative Research 1 Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Milles, Matthew. B and Hubberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif.

Terjemahan Rohidi, Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk

Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Mendiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.

Mumpuni, Atikah dan Masruri, Muhsinatun Siasah. 2016. Muatan Nilai-Nilai

Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan

Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun IV No. 1

Nasution. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito

Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitiandan

Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Ryan, Kevin dan Karen, E. Bohlin. 1999. Building Character in School: Practical

Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Fransisco: JOSSEY-

BASS A wiley Imprint.

Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda

Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter.

Tahun I Nomor 1

Suparno, Paul. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah: Sebuah Pengantar Umum.

Yogyakarta; PT. Kanisius.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Taufik. 2014. Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan,

dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 20, No 1

Utomo, Erry. 2011. Pedoman Pelaksanaaan Pendidikan Karakter. Jakarta:

Kementrian Pendidikan Nasional

Watz, Michael. 2011. An Historical Analysis of Character Education. Journal of

Inquiry&Action in Education. Vol 4, No. 2.

Woro, Sri & Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam

Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2

Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VI Nomor 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.