IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SDN TLASIH KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran diharapkan dapat mengubah
karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan
karakter di sekolah, serta karakter yang nampak dalam pembelajaran di kelas IV.
Karakter yang dimaksud adalah karakter peserta didik yang mucul keseharian.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
jenis rancangan penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN
Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Data diperoleh dari kegiatan
observasi, wawancara serta dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diketahui bahwa guru di SDN Tlasih sudah
menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Guru dalam pelaksanaannya
sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pendekatan, model dan metode
pembelajaran. Dalam pembelajaran keseharian delapan belas nilai karakter yang
diglakkan pemerintah masih belum muncul secara keseluruhan, namun guru memilih
karakter apa yang akan di munculkan dalam pembelajaran keseharian.
Saran yang diberikan peneliti adalah guru selalu menerapkan pembelajaran dengan
memasukkan pendidikan karakter meskipun itu hanya memunculkan satu atau dua
karakter setiap harinya. Diharapkan juga sekolah memperbanyak media-media guna
menunjang penerapan pendidikan karakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adya, Nono S. 2011. Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa. Jakarta:
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.
Agboola, Alex., Tsai, Kaun Chen. 2012. Bring Character Education into Classroom.
European Journal of Educational Research. Vol 1, No. 2
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda
Akbar, S. 2011. Revitalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Makalah
disajikan dalam Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu
Pendidikan/Pendidikan Dasar, Malang 8 Juni 2011
Amri, S. & Jauhari, A. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Z. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan
Kepribadian Anak. Bandung; Yrama Widya
Aqib, Z. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Perilaku Positif Anak
Bangsa. Bandung; Yrama Widya
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Jakarta: BSNP
Cahyono, Hadi. 2015. Pola Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa: Sebuah
Studi di SDN 1 Polorejo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Vol 3, No. 2
Damayanti, D. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.
Yogyakarta. Araska.
Dewantara, Ki Hajar. 1977. Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan
Taman Siswa.
Fraenkel, Jack dan Wallen, Norman. 2003. How to Design and Evaluate Research
in Education. New York: McGraw Hill Compani.
Ghamrawi, Najah A. R., Ghamrawi, Norma., Shal, Tarek. 2015. Perception of
Character Education: The Case of Lebanese School Leaders. Open
Journal Of Leadership. Vol 4
Hamid, Said Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa. Jakarta:Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kamanitra, Rakyan Paranimmita Sappurisa. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran
Karakter di SD Taman Harapan Malang. Jurnal IlmuPendidikan.
Kamaruddin, Syamsu. A. 2012. Character Education and Student Social Behavior.
Journal of Education and Learning. Vol. 6 (4) pp. 223-230
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 416 Tahun 1984 Tentang
pendidikan pendahuluan bela negara yang diselenggarakan di sekolah
Koesoema, Doni. A. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman
Global. Jakarta: PT. Grasindo
Komalasari, K., Saripudin, D., Masyitoh, I. S. 2014. Living Values Education,
Model in Learning and Extracurricular Activities to Construct the
Student’s Character. Journal of Education and Practice. Vol5, No 7.
Kusuma, Eri Hendro. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter pada Kegiatan
ekstrakurikuler di SMAN 02 Kota Batu. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 20,
No. 4
Lickona, T. 1993. The Return of Character Education. Journal Citation:
Educational Leadership. Volume 51 Number 3
Lincoln, Yvoana. S and Denzim, Norman. K. (1985). The Sage Handbook of
Qualitative Research 1 Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Milles, Matthew. B and Hubberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif.
Terjemahan Rohidi, Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk
Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mendiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.
Mumpuni, Atikah dan Masruri, Muhsinatun Siasah. 2016. Muatan Nilai-Nilai
Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan
Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun IV No. 1
Nasution. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito
Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.
Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitiandan
Pengembangan, Pusat Kurikulum.
Ryan, Kevin dan Karen, E. Bohlin. 1999. Building Character in School: Practical
Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Fransisco: JOSSEY-
BASS A wiley Imprint.
Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda
Sudrajat, Ajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter.
Tahun I Nomor 1
Suparno, Paul. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah: Sebuah Pengantar Umum.
Yogyakarta; PT. Kanisius.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Taufik. 2014. Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan,
dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 20, No 1
Utomo, Erry. 2011. Pedoman Pelaksanaaan Pendidikan Karakter. Jakarta:
Kementrian Pendidikan Nasional
Watz, Michael. 2011. An Historical Analysis of Character Education. Journal of
Inquiry&Action in Education. Vol 4, No. 2.
Woro, Sri & Marzuki. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam
Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2
Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VI Nomor 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.