MEMBANGUN KETERAMPILAN SOSIAL SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterampilan sosial sebagai
pendidikan karakter pada kegiatan esktrakurikuler. Pendidikan tidak hanya sebatas
mentransfer pengetahuan kognisi semata, melainkan juga upaya pembentukan
masyarakat yang berkarakter. Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang
dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk menanamkan nilai-nilai perilaku
peserta didik. Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah dasar
yaitu dengan membangun ketarmpilan sosial pada kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan
esktrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan siswa diluar jam pelajaran
berlangsung, kegiatan ini merupakan salah satu wadah penampung bakat, dan minat
siswa diluar kegiatan intrakulikuler. Pada kegiatan esktrakurikuler seorang individu
mencoba mengekspresikan kemampuan, potensi, bakat dan minatnya untuk mencapai
tingkat perkembangan pribadi. Hal ini ditanamkan pada siswa untuk mewujudkan
pribadi yang memiliki keterampilan sosial dan mampu berkomunikasi dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2016. Best Practicies Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Dasar 2016: Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam
Menghadapi daya Saing Regional (ASEAN), (Online),
(http://semnasdikdas16.pasca.um.ac.id/wp-
content/uploud/2016/09/Prosiding-SEMNAS-Dikdas-16.pdf), diakses 1
Oktober 2016.
Amri, Sofan dkk. 2011. Implementasi Pendidikan
Karakter Dalam Pembelajaran (Strategi
Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran).
Jakarta : Prestasi Pustaka.
Aqib, Zaenal, dkk. 2011. Penduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.
Bandung:Yrama Widya
Catledge, G. Milburn, J. F. (1995) . Teaching social skills to childern and youth:
innovative approaces (3rd). Boston: Allyn and Bacon.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka
Hanurawan, Fattah.2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik
di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Lickona, Thomas. (2012). Educating for Character. Mendidik untuk Membentuk
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Lutan. Rusli (1986). Pengelolaan Interaksi belajar mengajar intrakurikuler,
ko kurikuler dan ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Terbuka
Mahbubi. M., 2012, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Mulyana, Rohmad. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung:
Alfabeta.
Muijs, D. Dan Reynolds, D. (2005). Effective Teaching, Theory and Practice.
London: Sage Publication Ltd
Robert, E.Slavin. (2010). Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks
Roger, Carl. (2009). Kenali Konsep Diri
Anda.http://www.a74.web44.net/KENALI%20KONSEP.htm. [20
Desember 2011]
Sakdiah Renaning Hidayah (2009). “Pengaruh Kegiatan EkstraKurikuler
(Tartil Qur An) Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Di Kelas Xi Sma
Negeri 1 Lawang”. Skripsi. UIN:Malang
Sjamsuddin dan Maryani, Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk
Meningkatkan
Kompetensi Keterampilan Sosial (Jurnal Penelitian Vol.9 No. 1, 2008)
Syarbini, Amirullah. (2012). Buku Pintar Kegiatan Karakter: Panduan Lengkap
Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan Rumah. Jakarta: As@-
Prima Pustaka
Sunarto, 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
UU no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Tim Redaksi
Fokusmedia, (2006: 2).
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep,
Praktek
dan Strategi). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam
Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.