MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL THINK PAIR SHAR

Yonarlianto Tembang, Sulton Sulton, Suharjo Suharjo

Abstract


Motivasi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan secara optimal. Guru dalam pembelajaran  diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Model Think Pair Share (TPS) merupakan pembelajaran yang sangat sederhana namun memberikan waktu yang lebih banyak kepada siswa untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembentukan pengetahuan diri sendiri siswa serta orang lain. Kegiatan pembelajaran yang demikian yang dapat membangun motivasi belajar siswa  untuk menemukan sendiri konsep yang ada dalam diri siswa serta menumbuhkan percaya diri siswa dalam menyampaikan hasil penemuan siswa. Siswa tidak hanya sekedar menghafal dan mengingat tetapi benar-benar menemukan konsep dari hasil penemuan siswa sendiri.

Keywords


Think Pair Share (TPS); Motivasi; Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2008). Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar Buku Dua. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Azlina, N. A. N. (2010). Cetls Supporting Collaborative Activities Among Students and Teachers Through The Use of Think-Pair-Share Techniques. IJCSI International Journal of Computer Science Issues. (Online), 7 (5), 18-29. (http://IJCSI.org), diakses pada 18 November 2016. Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat Satuan SD/MI (KTSP). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Hamzah B. Uno, (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Kurniawan dan Andian. A. I. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntasi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. (Online), 10 (1), 114-134. (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun), diakses pada 12 November 2016. Sardiman, A.M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo Persada. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. Tatar, E. & M. Oktay. (2008). Relative Evaluation Sytem as An Obstacle To Cooperative Learning: The Views of Lecturers in A Science Education Department. International Journal of Environmental & Science Education (IJESE), (Online), 3 (2), 67-73. (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ894847. pdf), diakses pada 14 Februari 2017. Trianto (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta : Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.