BAHAN AJAR KONTEKSTUAL SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Nova Estu Harsiwi, Lia Yuliati, I Made Suardana
Abstract
Karakteristik dasar pembelajaran tematik terpadu berupa pembelajaran yang dapat menstimulasi agar siswa aktif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menyuguhkan pengetahuan yang holistik, dan memberikan pengalaman langsung pada siswa. Diperlukan bahan ajar kontekstual yang dapat memberikan pengalaman langsung pada siswa. Bahan Ajar kontekstual adalah bahan ajar yang disusun kontekstual sesuai dengan kondisi riil yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Keindahan alam, potensi yang dimiliki, budaya dan adat istiadat yang berkembang, serta keunikan tempat siswa tinggal sebagai materi bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar kontekstual ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Berdasarkan data hasil validasi ahli dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kontekstual layak digunakan dari segi desain maupun materi. Aspek desain terdiri dari 6 aspek dan divalidasi oleh seorang ahli desain. Keenam aspek masuk dalam kriteria layak dengan persentase 96,25% untuk buku guru dan buku siswa. Aspek materi terdiri dari 4 aspek dan divalidasi oleh seorang ahli materi serta seorang ahli siswa (guru kelas IV). Keempat aspek masuk dalam kriteria layak dengan persentase 88,16% dari ahli materi dan persentase 85,53% dari ahli siswa. Berdasarkan data hasil uji coba kelompok kecil terhadap buku siswa terlihat bahwa 9 dari 10 aspek termasuk dalam kriteria layak, sedangkan aspek penggunaan istilah masuk dalam kriteria cukup layak dengan presentase 67%. Data hasil uji coba kelompok kecil terhadap buku guru, terlihat bahwa kesepuluh aspek telah mencapai kriteria layak dengan presentase 75-100%.
Keywords
bahan ajar kontekstual; keindahan alam negeriku; sekolah dasar
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama. Akbar. Sriwiyana.2011.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Medika. Jiwa, I. W, Dantes, N, & Marhaeni, A.A.I.N. 2013.Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IV Gugus Empat di Kecamatan Gianyar.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3. (online), (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ep/article/view/621/406), diakses 23 Nopember 2016 Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Thiagarajan, S, Sammel, D. S, & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Bloomington: Indiana University
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.