IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV MI ISLAMIYAH MALANG

Nila Runtika Sari, I Nyoman Sudana Degeng, Fattah Hanurawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV MI Islamiyah Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Islamiyah Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas IV MI Islamiyah Malang sudah dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. pelaksanaan pendekatan saintifik tersebut dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Kegiatan mengamati dilakukan siswa dengan mengamati peta dan mengamati contoh operasi bilangan desimal. Kegiatan menanya dilakukan siswa dengan membuat pertanyaan tentang operasi bilangan desimal. Kegiatan mengumpulkan informasi/mencoba dilakukan siswa dengan menceritakan kembali isi teks bacaan melalui kerja kelompok. Kegiatan menalar dilakukan siswa dengan menjawab pertanyaan mengenai isi teks bacaan dan mengurutkan bilangan yang ada pada bacaan. Kegiatan mengomunikasikan dilakukan siswa dengan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Keywords


pembelajaran tematik terpadu; pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Atkins, L. & Wallace, S. 2012. Qualitative Researc in Education (Marianne Lagrange, Ed). London: Sage Publications Ltd. Degeng, I. N. S. 2000. Paradigme Baru Pendidikan Memasuki Era Demokratisasi Belajar. Makalah disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Bekerjasama dengan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) Cabang Malang, Malang, 7 Oktober. Degeng, I Nyoman Sudana. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Malang: Aras Media. Ernawati. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran tematik di kelas II SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016: Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN). Fogarty, R. 1991. The Mindfull School: How to Integrate the Curricula. UnitedStates of America. Hanurawan, Fattah. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Psikologi. Surabaya: Pusat Studi Peningkatan Kinerja Masyarakat LPPM Universitas Airlangga Kampus C. Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud. Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), 3 (1) (2014) 28-35, (http://www.journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii), diakses tanggal 10 Nopember 2016 Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:Remaja Rosda Karya. Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sani,R, A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Setyadi, M. Yusuf. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Kelas Awal Sekolah Dasar Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.