KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (SD)

Muspratiwi Pertiwi MR, Lia Yuliati, Abd. Qohar

Abstract


Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang perlu di kembangkan sejak dini. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif yang berfokus pada apa yang dipercayai dan dilakukan. Berpikir kritis sangat penting dimiliki dan dikembangkan oleh setiap siswa agar mampu menyelesailan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa keterampilan berpikir kritis adalah Elementary clarification; Dasar pengambilan keputusan; Inference; (Advanced clarification; Suppotion and integration; dan kemampuan tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kemampuan berpikir kirtis siswa. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 99 Suppa tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis oleh Finken & Ennis (1993). Data hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh pencapaian rerata nilai siswa adalah 48. Berdasarkan data hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SDN 99 Suppa pada mata pelajaran IPA tergolong rendah dengan kualifikasi sangat kurang kritis dan perlu ditingkatkan.

Keywords


Berpikir Kritis; Pembelajaran IPA; Sekolah Dasar (SD)

Full Text:

PDF

References


Crawford, C.M., & Brown, E. 2002. Focusing Upon Higher-Order Thinking Skills:Web Quest and the Learner-Cemtered Mathematical Learning Environment. Educational Resources Information Center (ERIC ED 474086). 6: 1-16 Ennis, R. H., 2000. Critical Thinking. United States of America: Prentice-Hall, Inc. Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, (online), 10 (1): 76-89, (http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf) diakses 20 februari 2017 Filsaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Finken, M. dan Ennis, R.H. 1993. Illions Critical Thinking Essay Test. Illinois Critical Thinking Project. Departemen of Educational Policy Studies University of Illinois. (Online), (http://www.criticslthinking.net/I11CTEssayTestFinken-Ennis121993LowR.pdf) diakses 3 Maret 2017 Fisher, Alec. Tanpa Tahun. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan Benyamin Hadinata. 2008. Jakarta: Erlangga. Friedrichsen, P.M. 2001. A Biology Course for Prospective Elementary Teachers. The American Biology Teacher. 63(8):562-568 Hassani, M.T. & Rahmatkhah, M. 2014. The Relationship between EFL Learners Metacognitive Strategies, and Their Critical Thinking. Journal of language Teaching and Reseach, 5(3): 1167-1175 Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mahanal, Susriyati & Zubaidah, Siti. 2010. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, (Online), 20(1): 1, (https://www.scribd.com/doc/182360906/Penerapan-PembelajaranBerdasarkan-Masalah-dengan-Strategi-Kooperatif-STAD-pada-MataPelajaran-Sains-untuk-Meningkatkan-Kemampuan-Berpikir-Siswa-Kelas), diakses pada tanggal 4 mei 2016. Parker, M.A. 2009. Critical Thinking. New York: Mc Graw Hill Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Snyder LG & Snyder M. 2008. Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 50 (2): 90-99. Sochibin, A., dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Peningkatan pemahaman dan keterampilan berpikir siswa SD. Journal Pendidikan dan Pengajaran UNDISKHA. 2(1) 1-7 Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara. Widowati, A. 2009. Pengembangan Critical Thinking Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009: 84-89


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.