ELEMEN PENTING KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Miftahul Jannah, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana

Abstract


Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu bentuk nyata dari rencana yang dirumuskan dalam Kurikulum. Elemen-elemen penting dari Kurikulum 2013 yaitu taksonomi pembelajaran Kurikulum 2013 yang meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik, penilaian autentik, pembelajaran berbasis teks, buku panduan guru dan buku teks pelajaran sebagai sumber belajar utama bagi siswa. Sebagai salah satu elemen penting dalam Kurikulum 2013, buku panduan guru dan buku teks pelajaran disusun sesuai dengan kurikulum. Buku teks Kurikulum 2013 disebut dengan buku siswa ditunjang dengan buku panduan guru sebagai acuan guru untuk merencanakan proses pembelajaran. Buku teks berperan penting bagi siswa dalam proses pembelajaran karena memuat informasi pengetahuan dan kegiatan belajar untuk siswa. Artikel ini membahas tentang Kurikulum 2013 beserta elemen-elemen penting dalam Kurikulum 2013.

Keywords


Buku teks; Kurikulum 2013; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Allen, K.N. & Friedman, B.D. 2010. Affective Learning: a Taxonomy for Teaching Social Work Values. Journal od Social Work Values and Ethics, 7 (2). (http://jswve.org/download/) diakses 12 April 2017. Dyer, J.H., Gregersen, H., & Christensen, C.M. 2009. The Innovator’s DNA. Harvard Business Review. https://hbr.org/2009/12/the-innovators-dna diakses 14 April 2017. Gipayana, M. 2011. Pembinaan Karakter Melalui Perpustakaan Kelas, Pajangan, dan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Dasar. http://a-research.upi.edu/operator/ diakses 10 April 2017 Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., & Masia, B.B. 1980. Taxonomy of Educational Objectives Book 2 Affective Domain (p. 176-185 . New York: Longman Inc. Krathwohl, D.R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory into Practice, 41 (4). http://www.unco.edu/cetl/ diakses 27 Januari 2016. Kusumaningsih, D. 2013. Indonesian Text Role as Draft Science in Curriculum 2013: Assessment Introduction Text Structure Strategies in an Indonesian Book. Asian Journal of Social Science & Humanities, 2 (4). http://www.ajssh.leena-luna.co. diakses 19 September 2016. Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. http://bsnp-indonesia.org/ diakses 02 September 2016. Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. http://bsnp-indonesia.org/ diakses 02 September 2016 Munzenmaier, C. & Rubin, N. 2013. Perspectives Bloom’s Taxonomy: What’s Old is New Again. The eLearning Guild. http://educationalelearningresources.yolasite.com diakses 18 April 2016. Oakes, J & Saunders, M. 2002. Access to Textbooks, Instructional Materials, Equipment, and Technology: Inadequacy and Inequality in California Public Schools (pp. 4-6). William Watch Series, UCLA’s Institute for Democracy, Education, & Access. http://escholarship.org/uc/item/ diakses 12 April 2017. Palm, T. 2008. Performance Assessment and Authentic Assessment: A Conceptual Analysis of the Literature. Practical Assessment, Research & Evaluation, 13 (4). http://pareonline.net/ diakses 20 Desember 2016

Permendikbud Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online), https://akhmadsudrajat.files.wordpress.c diakses 22 Desember 2016. Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4 (2). http://fmipa.um.ac.id/index.php/ diakses 9 Januari 2017 Saefuddin, H.A. & Berdiati, I. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sufanti, M. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat (hlm. 36-55). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Wahyudin, A.Y & Sukyadi, D. 2015. A Closer Look at the Implementation of the Curriculum 2013 in Indonesia: Should the Scientific Approach Be Used in EFL Classroom?,Rangsit Journal of Education, 2 (2). (http://rjes.rsu.ac.th/Article/) diakses 20 Desember 2016. Zativalen O., Hasanah, M., & Sulthon. 2016. Impelementasi Metode Number Head Together (NHT) pada Pembelajaran Tematik (hlm. 326-333). Artikel disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 pada tanggal 24 Mei 2016 diselenggarakan oleh Prodi Dikdas Pascasarjana UM. http://pasca.um.ac.id/wp-content/ diakses 18 April 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.