PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ-QUIZ TRADE PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Merinta Diah Purwaningrum, Sri Untari

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-quiz Trade pada pembelajaran IPS SD. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai suatu bidang ilmu yang mengkaji konsep dan keterampilan dalam cabang-cabang ilmu sosial seperti Sejarah, Geografi, Sosiologi, Antropologi, dan Ekonomi. Proses pembelajaran yang inovatif diperlukan untuk mencapai pelaksanaan pembelajaran IPS SD yang efektif, bermakna, dan tidak terkesan membosankan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang mengajarkan kepada siswa untuk belajar secara bersama dengan siswa yang lain (berkelompok). Model pembelajaran Quiz-Quiz Trade sebagai salah satu model pembelajaran kooperatif  adalah model pembelajaran dimana siswa secara berpasangan bergantian memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan berdasarkan kartu soal dan saling memberikan pujian atau mengajari pasangannya. Model pembelajaran Quiz-Quiz Trade menekankan pada siswa untuk saling bertukar informasi, membangun pengetahuan, mengajarkan dan memuji teman sehingga pembelajaran IPS menjadi lebih menyenangkan dan terpusat kepada siswa.

Keywords


pembelajaran kooperatif; Quiz-quiz Trade; pembelajaran IPS SD

Full Text:

PDF

References


Afian, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Quiz-Quiz Trade Dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Dan Self Esteem. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Volume 3, Nomor 1:216-226. (Online), (http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/365/140), diakses pada tanggal 25 Oktober 2016. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ferrer, L. M. 2004. Developing Understanding And Social Skills Through Cooperative Learning. Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia Volume 27 No. 2: 45-61. (Online). (http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2004/jour04no.2/lourd esferrer(45-61).pdf), diakses 3 Januari 2017. Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Habidi., Widiati, U., Soetjipto,B.E. 2017. The Implementation of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle to Improve the Students’ Communicative Skill and Learning on Social Science Lesson. IOSR Journal Of Humanities And Social Science Volume 22, Issue 4, Ver 1. (Online). (http://iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol.%2021% 20Issue5/Version-7/I02105077481.pdf), diakses 12 April 2017.

Kagan, S & Kagan, M. 2009. Cooperative Learning. San Clamente: Kagan Publishing Kemdikbud. 2013. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. (Online), (http://direktori.madrasah.kemenag. go.id/media/files/Permendikbud67TH2013.pdf), diakses 15 Oktober 2016 Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo. Riyadi, A. Soetjipto, B. E., & Amirudin, A. 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model Fan-N-Pick and Quick on The Draw to Enhance Social Competence and Cognitive Learning Outcome for Social Studies. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), (Online), Volume 21, Issue 4, Ver. I, (http://www.iosrjournals.org/iosrjhss/papers/Vol.%2021%20Issue4/Version-1/L2104019096.pdf), diakses 2 Oktober 2016. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Sapriya. 2015. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Soetjipto, B. E. 2010. Pembelajaran Kooperatif dan Beberapa Hasil Penelitian Bidang Manjemen-Ekonomi. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang. Susanto, A. 2015. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Tran, V. D. 2014. The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education Volume 3 Nomor 2: 131-140. (Online), (http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067568.pdf), diakses 14 Oktober 2016. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Wakhidin, A. 2016. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Make A Match Dipadu Quiz-quiz Trade di Kelas V SDN Pesawahan 03 Cilacap. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. Yudiana, A. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz-Quiz Trade dan Inside-Outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan efikasi diri siswa (studi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Babat Lamongan). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.