PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN HALMA PADA IPA DI SEKOLAH DASAR

Dwi Wahyu Listyarini, Abdur Rahman As’ari, Furaidah Furaidah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan secara teoritis peluang penggunaan permainan halma dalam kegiatan games dan tournament pada model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk pembelajaran pada materi energi bunyi. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki sintaks, yaitu tahap penyajian kelas (class presentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan perhargaan kelompok (team recognition) (Slavin, 2005:166-167). Penerapan TGT selama ini dianggap kurang menarik dalam proses pembelajaran dikarenakan pada tahap games dan tournament siswa hanya menjawab soal-soal yang terdapat pada kartu soal secara bergiliran. Aktivitas pada tahap games dan tournament tersebut kurang memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif secara sungguh-sungguh dalam pembelajaran kelompok tentang energi bunyi serta menjawab soal-soal pada kartu soal. Salah satu games yang dapat memotivasi siswa yaitu permainan halma. Permainan halma dapat melatih kejujuran dan bersifat kompetitif untuk memenangkannya (Prasetyono, 2015:166). Games dan tournament melalui permainan halma bentuknya seperti kuis dengan memberikan pertanyaanpertanyaan seputar materi pembelajaran sehingga memberikan tantangan bagi siswa untuk berlomba dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu, permainan halma memiliki potensi besar dalam penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords


Model pembelajaran TGT; permainan halma; IPA

Full Text:

PDF

References


Abdulrab, Abdullah Hasan M. 2012. Impact of Marzano’s Dimensions of Learning Model on Students’ Science Achievement. Indian Journal Of Research, 1 (11), (Online),(https://www.worldwidejournals.com/paripex/file.php?val=Novemb er_2012_1353430310_c1e2b_12.pdf), diakses pada tanggal 2 Mei 2017. Asy’ari, M. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Charibaldi, N. 2010. Mobile Game Halma Multiplayer. Jurnal Telematika, 7 (1),(Online),(http://repository.upnyk.ac.id/1968/1/1_JURNAL_Mobile_Game _Halma.pdf), diakses pada tanggal 8 Desember 2016. Iskandar, S. M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud. Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing. Nadrah. 2017. The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students’ Motivation Toward Physics Learning Outcome. Journal International Education Studies, 10 (2),(Online),(http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/55398 /35759), diakses pada tanggal 2 Mei 2017. Prasetyono, D. S. 2015. Buku Tutorial Game-Game Kecerdasan. Yogyakarta: DIVA Press. Rakhmadhani, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (4), (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2937), diakses pada tanggal 25 November 2015. Rosyana, W. 2014. Pembelajaran Model TGT Menggunakan Media Permainan Monopoli dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3 (2),(Online),(http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/370 0/2599), diakses pada tanggal 25 November 2015. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Rusmawati, P. E. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_tp/article/view/884/0), diakses pada tanggal 25 November 2015. Saputra, A. B. 2012. Halma Multiplayer Game Production Based Computer Network. Naskah publikasi, (Online),(http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.11.1924.pdf), diakses pada tanggal 8 Desember 2016. Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Slavin, E. R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Slavin, E. R. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks. Wyk, M. V. 2011. The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal Social Science, 26 (3): 183-193, (Online), (https://www.researchgate.net/publication/267921321_The_Effects_of_Team s-Games-Tournaments on Achievement_Retention_and_Attitudes_of_Economics_ Education Students), diakses pada tanggal 13 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.