PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Beatrix Anu, Ruminiati Ruminiati, Furaidah Furaidah

Abstract


Kurikulum 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah memfokuskan pada pembelajaran tematik. Diketahui bahwa pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran yang memadukan beberapa muatan pelajaran ke dalam satu tema tertentu yang berhubungan dengan kehidupan nyata siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran tematik perlu memperhatikan landasan hadirnya pembelajaran tematik, yaitu pendekatan konstruktivistik. Pendekatan konstruktivistik menekankan pada pengalaman belajar langsung. Siswa melalui kegiatan belajar dapat membentuk pengetahuan baru. Beberapa penelitian tentang pelaksanaan tematik terpadu menjelaskan bahwa model pembelajaran tematik terpadu efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SD. Pembelajaran tematik di SD  yang menggunakan pendekatan konstruktivistik pada pelaksanaannya diharapkan  dapat menghadirkan pengalaman belajar langsung, nyata dan dekat dengan siswa, serta membantu siswa membentuk pengetahuan baru bagi siswa SD

Keywords


Pendekatan konstruktivistik, Tematik terpadu, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar. Pujianto (Ed). Jurnal Penelitian Kependidikan, Tahun 19, No. 2. Malang. Budiningsi, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Firdaus, Su’udiah, Degeng, I Nyoman Sudana, Kuswandi, Dedi. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2016 Halaman: 1744—1748. Universitas Negeri Malang. Malang Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Yogyakarta: Diva Pers Irawan, B Edy. 2016. The Challenge Of Elementary Mathematics Teachers In Dealing With Various Curriculum Changes (A Theoretical Review). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016. Universitas Negeri Malang. Malang Nuryahati. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1, 2014, artikel . Program Pascasarjana Universitas Terbuka Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: kencana Prenadamedia Group Pribadi, A.Benny, Edy Sjarif. 2010. Pendekatan Konstruktivistik dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 11 No.2 September 2010. 117128. Tanggerang. FKIP-UT Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. SB, Mamat, Abdul Munir, Suwendi, Asep Taufiq Akar dan Hasni Asro. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktur Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah U,um Dirjen Kelembagaan Agama Islam Kemeneg RI. Sukini. 2012. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Kelas Rendah dan Pelaksanaannya. Magistra No.82 Th. XXIV Desember 2012 Suparno, Paul. 2010. Filsafat Konstruktivistik dalam Pendidkan. Cetakan ke-8. Yogyakarta: Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.