PEMAKNAAN SISWA TERHADAP DESAIN FISIK KELAS BERBASIS TEMA DI KELAS V SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Bagus Cahyanto, Sa’dun Akbar, Cholis Sa’dijah

Abstract


Lingkungan fisik kelas merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keberlangsungan pembelajaran di sekolah dasar. Lingkungan fisik yang terkelola dengan baik dapat membantu mewujudkan keberhasilan kegiatan belajar mengajar di kelas. Informasi pemaknaan dan pengalaman siswa terhadap desain fisik kelas merupakan langkah awal yang dapat digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana desain fisik kelas selama ini mampu mendorong siswa untuk belajar dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penilaian deskriptif kualitatif yang difoksukan untuk mengetahui pemaknaan siswa terhadap penerapan desain fisik kelas berbasis tema di kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada guru dan siswa kelas V. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara langsung maupun tidak langsung desain fisik kelas berbasis tema banyak memberikan kontribusi pada pelaksanaan pembelajaran. Desain fisik kelas berbasis tema dapat memfasilitasi kegiatan belajar siswa melalui pemanfaatan berbagai komponen fisik kelas yang sesuai dengan tema pembelajaran. Siswa merasa lebih nyaman dan dapat meningkatkan motivasi, semangat, serta konsentrasi belajar di dalam kelas.

Keywords


desain fisik kelas; berbasis tema; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset Cheryan, dkk. 2014. Designing Classrooms to Maximize Student Achievement. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, Education Volume. 1. bbs.sagepub.com De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2006. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT Mizan Pustaka. Evertson, Carolyn R & Emmer, Etmund T. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Hamalik. 2001. Model Penilaian Kelas: KTSP SD/MI. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional. Jensen, Eric & Dabney, Michael. 2000. Learning Smarter: The New Science of Teaching. San Diego, Calif Brain Store. Karwati, Euis & Priansa, Dooni J. 2014. Manajemen Kelas: Classroom Management. Bandung: Alfabeta Sa’dijah, Cholis. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis dengan Setting Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Prosiding SemnastikaUnesa). Semiawan, Conny. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks. Vogel, Nancy. 2012. Arranging the Active Learning Environment High Scope Implementation: Setting up the Preschool Classroom. highscope.org Wulsin, Reed Lawson. 2013. Classroom Design - Literature Review. PRINCETON UNIVERSITY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.