PERAN MIND MAP SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Anang Nur Ikhtiar, Imam Agus Basuki, Muakibatul Hasanah

Abstract


Pembelajaran menulis memiliki peran penting dalam kesuksesan belajar siswa. Siswa akan mudah mengingat dan mencari ulang materi pelajaran yang telah ditulis. Salah satu pembelajaran menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V sekolah dasar adalah menulis karangan deskripsi. Siswa ditugaskan untuk menyusun karangan deskripsi berdasarkan hasil pengamatan. Bukan hanya bentuk objek yang diamati, namun juga kesan-kesan yang didapat dari pengamatan, pengalaman dan peraasaan penulis. Namun masalah yang ditemui adalah masih ditemukan siswa yang kesulitan dalam menulis karangan deskripsi secara lengkap dan objektif. Siswa juga kesulitan dalam mengorganisasikan kalimat dalam karangan agar tersusun secara jelas. Dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk memudahkan siswa menulis karangan deskripsi. Salah satu metode yang dirasa tepat adalah metode mind map. Metode mind map adalah metode yang meringkas materi pelajaran secara sederhana dan sistematis sehingga mudah dipahami. Mind map memudahkan siswa dalam menyusun detail hasil pengamatan agar jelas dan rapi. Langkah pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan metode mind map yaitu: (1) siswa mengamati objek yang digunakan untuk menyusun karangan deskripsi, (2) siswa menulis detail dan informasi yang didapat dari objek tersebut dalam bentuk mind map, (3) siswa mulai mengembangkan poin-poin yang ditulis dalam mind map dalam bentuk kalimat, (4) siswa  merevisi dan mengedit kekurangan serta kesalahan yang ditemui dalam kerangka karangan yang telah disusun, dan (5) siswa menyusun karangan deskripsi secara utuh dari hasil revisi dan edit yang telah dilakukan. Hasil karangan deskripsi siswa diharapkan dapat tersusun secara jelas, objektif dan rapi uraian penjelasannya.

Keywords


mind map; metode pembelajaran; karangan deskripsi

Full Text:

PDF

References


Bagus, Ida. (2015). Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Berbasis Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.4, No.2, ISSN: 2303-288X Buzan, Tony. (2010). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia. De Porter, Bobi & Hernacki, Mike. (2003). Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama. Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran. Medan: Media Persada. Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Suparno. (2010). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.