THINK PAIR SHARE SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASA

Adam Bolnifu Benu, Ruminiati Ruminiati, H.M. Zainuddin

Abstract


Pembelajaran berperan penting dalam pengembangan berbagai aspek perkembangan yang dimiliki peserta didik meliputi aspek kognitif, afektif  dan psikomotorik. Pembelajaran di SD merupakan pembelajaran tematik terpadu yaitu perpaduan berbagai dimensi pengetahuan meliputi; fakta, konseptual, prosedural, prinsip dan sikap serta nilai atau karakter, baik itu antar maupun inter disiplin ilmu yang dikemas dalam tema-tema. Salah satu bentuk dari hasil belajar tematik pada ranah afektif adalah sikap sosial. Sikap sosial merupakan kecenderungan perlakuan berulang secara sadar individu terhadap suatu objek sosial. Sikap sosial tidak terlepas dari pengetahuan, pemahaman, pengalaman, perasaan dan aspek konatif individu tentang objek sosial. Sikap sosial dapat dikembangkan melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student-Centre) dengan menerapkan model Cooperative Think Pair Share dalam pembelajaran. Model Cooperative Think Pair Share meliputi tiga bagian utama yakni 1) Think; memikirkan persoalan yang dihadapi, 2) Pair; berpasangan dan mendiskusikan persoalan yang dihadapi, dan 3) Share; mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. TPS juga dapat digunakan sebagai cara mewadahi peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuan dan mengembangkan berbagai aspek kompetensi yang mereka miliki, membantu peserta didik memperoleh pengetahuan tentang cara-cara belajar bagaimana belajar, memperoleh informasi, pengetahuan, ide, keterampilan, nilai, pembentukan cara berpikir, sikap dan berbagai sarana untuk mengekspresikan diri.

Keywords


Pembelajaran Di SD; Think Pair Share (TPS); Sikap Sosial

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. Azwar, Saifudin. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Bahtiar (2016). Potensi Pembelajaran Yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Dan Penguasaan Konsep Biologi Peserta didik Sma Multietnis Di Ternate. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. On Line. Canobi, K. H . (2009). Concept-procedure Interactions In Children’s Addition And Subtraction: Journal of Experimental Child Psychology, 102, 131–149. doi: 0.1016/j.jecp.2008.07.008

Covey, Stephen R. 2008. The 8th HABIT. Melampaui Efektivitas, menggapai Keagungan. Jakarta: Gramedia Utama. Depdiknas. (2013). Naskah Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: depdiknas Dewi Salma Prawiradilaga. 2008. Prinsip disain pembelajaran. Jakarta: Kencana kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta. Didimus Tanah Boleng, A. Duran Corebima, Herawati Susilo, H. Ibrohim. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dan Think-Pair-Share Terhadap Sikap Sosial Peserta didik Sma Samarinda Multietnis. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. On Line. Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison-Wesle. Goleman, Daniel, 2000. Working with Emotional Intelligence (Terjemahan Alex Kantjono W). Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama. Jack Mezirow (1998).Transformative Learning: Theory to Practice. Columbia University. Jeffrey Froyd, Nancy Simpson. (2010). Student-Centered Learning Addressing Faculty Questions about Student-centered Learning. Texas A & M University Johnson, B. R, Schneider, M. (2015) Developing Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics. Oxford University Press. Joyce, B. & Well. 2009. Strategis of teaching. Terjemahan oleh Fawait, A., dan Mirza, A. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. Keiichi takaya. (2008) Jerome Bruner’s Theory Of Education: From Early Bruner To Later Bruner. Tokyo women’s medical university Interchange, Vol. 39/1, 1–19. Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Yogyakarta: Kencana Prenadamedia Group. Prawiradilaga, Dewi Salma. (2009). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group. Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indek Permata Puri Media. Spence, S. H., & Donovan, C. (1998). Interpersonal problems.In Graham, Philip Jeremy (Ed.), Cognitive behaviour therapy for children and families (pp. 217–245). New York: Cambridge University Press. Welsh, J. A. & Bierman, K. L. (2006). Social competence: Encyclopedia of childhood and adolescence. Health Publication. Yaumi, Muhamad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.