PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI YANG MENDUKUNG BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SKALA KELAS 5 S

Wildan Akhsana, Cholis Sa’dijah, Edy Bambang Irawan

Abstract


Salah satu tuntutan Kurikulum 2013 adalah sampai pada taraf mencipta, pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran dengan memberdayakan untuk berfikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai cara untuk membelajarkan materi skala mata pelajaran matematika bagi siswa di Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilakukan melalui Lesson Study dengan tahapan, yaitu: (1) Plan, (2) Do, dan (3) See. Metode yang digunakanadalah metode library research. Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang indikator-indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi kemudian dihubungkan dengan penyajian pada materi skala mata pelajaran matematika dalam buku siswa kelas V tema 3. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada awal materi setiap pembelajaran terdapat pertanyaan untuk menggali pengalaman dan melatih berfikirtingkat tinggi, 2) Terdapat kegiatan disajikan dalam LKS individu untuk mengkreasikan konsep skala pada setiap pembelajaran dengan cara tahapan berpikir tingkat tinggi, 3)Pada setiap soal latihan akhir evaluasi terdapat sedikit soal untuk melatih berpikirtingkat tinggi,

Keywords


lesson study; berpikir tingkat tinggi; skala; siswa SD kelas V

Full Text:

PDF

References


Irawan, E.B. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis segitiga menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 19 Malang. Universitas negeri Malang. 2014 Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia. 2014. Kerukunan dalam Bermasyarakat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 buku guru. Jakarta:kemdikbud Kementerian Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia. 2014. Kerukunan dalam Bermasyarakat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 buku siswa. Jakarta:kemdikbud Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2013. Permendikbud nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, lampiran IV Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud Krathwohl, Bloom & Masia.1964.The Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II. Tersedia di www.nwlink.com/~donclark/hrd/bloom.html. Sa’dijah, C. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis Setting Koperatif. Semnastika-Unesa. ISBN No. 978-979-028-417-3. Oktober 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.