ASESMEN AUTENTIK MENULIS UNTUK MENUNJANG PENERAPAN GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

Titis Angga Rini, Titik Harsiati, Imam Agus Basuki

Abstract


Kecakapan literasi siswa dikembangkan sejak dini melalui penerapan program Gerakan Literasi di Sekolah. GLS bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya dan ekosistem literasi sekolah yang gemar membaca dan menulis. Khusus pada konteks menulis, menulis menjadi salah satu keterampilan yang dapat menunjukkan kualitas kecakapan literasi siswa. Keterampilan menulis di sekolah difokuskan pada pembentukan kemahir wacanan, yakni siswa dapat menulis berbagai bentuk wacana melalui kegiatan membaca dan berpikir kritis. Sebagai bagian dari kecakapan literasi, keterampilan menulis siswa dapat diketahui melalui penerapan asesmen autentik menulis. Asesmen autentik menulis digunakan sebagai instrumen penunjang penerapan GLS di sekolah dasar khususnya pada konteks kegiatan menulis yang dilakukan setelah kegiatan membaca. Asesmen autentik menulis untuk menunjang penerapan GLS di sekolah dasar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan menulis jurnal, menulis kreatif atau faktual, dan tes menulis  melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian diri, sejawat, dan penilaian portofolio. Asesmen autentik menulis secara terintegrasi dalam pelaksanaan program literasi yang mencakup konsep assessment of learning, assessment  for learning, dan assessment as learning pada tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran literasi di sekolah dasar.

Keywords


GLS; sekolah dasar; keterampilan menulis; asesmen autentik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi Abad 21. Bandung: PT Refika Aditama Bagnato, S. 2007. Authentic Assessment for Early Childhood Intervetion. New York: The Guliford Press Birjandi, P. 2010. Self-assessment and Peer-assessment: A Comparative Study of Their Effect on Writing Performance and Rating Accuracy. IJAL, Vol. 13, No. 1, March Briggs, M, dkk. 2008. Assessment for Learning and Teaching in Primary School. Southernhay: Learning Matters Ltd Brown, H.D. 2004. Language Assessment: Principle and Classrom Practice. New York: Pearson, Inc Gipayana, M. 2010. Pengajaran Literasi: Fokus Menulis di SD-MI. Malang: A3 Harsiati, T. 2013. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia, Malang: UM Press Kemendikbud. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Kemendikbub Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Muhana, G. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD, Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari, Jilid 11, Nomor 1 2 O’Malley, J.M,. Pierce, L.V. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. United State of America: Addison Wesley Publishing Company Inc Puranik, C.S., Lonigan, J.C., Young-Suk. K, 2011. Contributions of Emergent Literacy Skills to Name Writing, Letter Writing, and Spelling in Preschool Children. Science Direct: Early Childhood Research Quaterly, Volume 26, Issue 4, 4th Santrock, J.W. 2014. Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika Spineli, C.G. 2012. Classroom Assessment for Student. Boston: Pearson Education Inc Suyono, 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah, Jurnal Bahasa dan Seni, Th. 37, No. 2 Suyono. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi. Malang: Cakrawala Indonesia Thompkins, G. E. 2010. Third Edition Literacy in The Early grades. United States of America: Pearson Education. Weigle, S.C. 2009. Assesing Writing. Cambridge: Cambridge University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.