ANALISIS KEBUTUHAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Siti Chusnia, Cholis Sa’dijah, Titik Harsiati

Abstract


Analisis kebutuhan sangat diperlukan sekali dalam mengetahui kondisi yang dibutuhkan dalam sebuah pembelajaran untuk mencapai sebuat tujuan pendidikan. Analisis kebutuhan instrumen asesmen matematika yaitu analisis kebutuhan yang berupa alat penilaian sesuai dengan kondisi siswa di kehidupan yang riil dalam pembelajaran matematika. Analisis kebutuhan intrumen asesmen autentik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dikembangakan karena untuk memaksimalkan proses asesmen autentik matematika sehingga bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kondisi nyata siswa, tujuan dari artikel ini untuk mengetahui analisis kebutuhan instrumen asesmen autentik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar kelas IV di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Jenis penelitian pada artikel ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Metode analisis data pada artikel ini menggunakan teori Miles, Huberman yang mempunyai langkah-langkah yaitu data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications. Hasil Penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa guru sangat berharap diadakan pengembangan asesmen autentik matematika supaya guru dapat menilai dengan lebih mudah, lebih valid dan sesuai dengan kebutuhan siswa

Keywords


Analisis kebutuhan; instrumen asesmen autentik; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Huberman and Miles.2014.Analisis Data Kualitatif.Jakarta:Universitas Indonesia Johnson, David W. and Roger T. Johnson. 2002. Meaningful Assessment: A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn and Bacon. Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Owens, Thomas & Smith, Albert J. 2000. Definition and Key Element of Contextual Teaching and Learning.Washington: Consurtium for Cons. Masnur Muslich. (2011). Authentik Assessment (Penilaian Berbasis Kelas dan kompetensi). Bandung: Refika Aditama Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang penilaian pendidikan (Online), https://akhmadsudrajat.files.wordpress diakses 1 Januari 2017 O’Malley, J.M. & Valdez Pierce, L. (1996). Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Addison-Wesley Publishing Company. Sa’dijah.C.2009. Pengembangan Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis. Surabaya: Jurnal MathEdu Program Pascasarjana UNESA. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung :Alfabeta Sri Wahyuni.2010.Pengembangan Model Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Lisan Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang. Volume 9, Nomor 1, (Hal 1-11).(Online).tersedia pada http://scholar. Google.com/scholar?start=10&q=artikel+asesmen+autentik&hl=en&as_sd t=0,5&as_vis=1.pdf. diakses 16 Oktober 2016. Sri Wahyuni dan Abd. Syukur I.2012.Asesmen Pembelajaran Bahasa.Bandung:PT Refika Aditama. Yulmiati.2014. Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik. STIKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 7 No.1 (hal.31-37).(Online), tersedia pada http://dx.doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.156.pdf.diakses 16 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.